Bergotong Royong Bangun Muratara

Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengesahkan Musi Rawas Utara (Muratara) menjadi daerah otonomi baru (DOB) berbentuk kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Lahirnya kabupaten termuda di Sumsel ini harus menempuh perjalanan sangat panjang. Keinginan menjadikan Kabupaten Muratara sebenarnya sudah muncul sejak tahun 60-an oleh para tokoh Muratara saat itu.

Hanya saja baru terealisasi sekarang. Terbentuknya Kabupaten Muratara sebagai DOB tidak terlepas adanya partisipasi dari berbagai elemen masyarakat di wilayah tersebut. Oleh karena itu, masyarakat Muratara, apapun status sosialnya patut berterima kasih kepada para inisiator seperti Muhammad Ibrahim, SE, H.Syarkowi Wijaya, SH.MH dan kawan-kawan.

Serta masih banyak lagi tokoh-tokoh lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu, yang telah berjuang dengan berbagai upaya dan kapasitasnya masing-masing untuk melahirkan Kabupaten Muratara. Selain itu, kita pun wajib menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, baik pemerintah pusat, pemerintah Provinsi Sumsel, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Provinsi Bengkulu yang telah membantu melahirkan Kabupaten Muratara.

Namun setelah lahirnya Kabupaten Muratara, apa yang harus kita lakukan ke depan? Saat ini Muratara ibarat bayi yang baru lahir. Masih membutuhkan perhatian agar dapat tumbuh besar dan terbentuk menjadi pemerintahan yang baik. Pemerintahan yang mampu mensejahterakan masyarakatnya.

Oleh karena itu, hendaknya semua lapisan masyarakat Muratara dapat menyamakan persepsi dan tujuan, memajukan Kabupaten Muratara. Dalam waktu yang tidak lama lagi akan datang seorang pimpinan yakni caretaker Bupati Muratara yang mengemban tugas membentuk Pemerintahan Kabupaten Muratara dalam jangka waktu satu tahun ke depan.

Penunjukan pejabat caretaker ini merupakan hak prerogative Gubernur Sumsel. Siapapun yang ditunjuk gubernur nanti, kita masyarakat Muratara wajib menyambut dan menerimanya dengan niat yang baik dan hati yang tulus agar konsentrasi caretaker Bupati untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya terlaksana dengan baik.

Mari kita kawal bersama pembentukan pemerintahan dan proses pembangunan di Kabupaten Muratara. Kita doakan semoga caretaker Bupati Muratara dapat melahirkan pemerintahan yang bersih, bebas dari KKN. Sehingga pada gilirannya nanti akan terwujud masyarakat yang sejahtera dan madani. Perjuangan kita ke depan masih sangat panjang dan butuh kebersamaan.

Namun, untuk membangun kebersamaan bukan pekerjaan mudah. Dibutuhkan pengorbanan, hilangkan kepentingan sesaat, kepentingan kelompok, kepentingan golongan. Kini saatnya kita bergotong royong membangun Kabupaten Muratara. Dengan fasilitas pembangunan dan infrastruktur yang serba kekurangan di Ibukota Kabupaten Muratara seperti sekarang, sedikit banyak akan mempengaruhi kinerja para pelaksana di masing-masing SKPD.

Tapi, dibalik semua itu kita tetap dan harus semangat dengan nilai kebersamaan untuk melaksanakan visi dan misi yang rasional dan didukung oleh rencana strategis (Renstra) yang berkesimbungan. Banyaknya potensi sumber daya alam (SDA) menjadi nilai plus untuk mendukung proses pembangunan di Kabupaten Muratara.

Dengan menggali sumber-sumber yang dapat dijadikan finansial tanpa harus menunggu bantuan, maka tujuan untuk memajukan Muratara tentu akan lebih cepat terwujud. Bila saatnya nanti kita betul-betul sudah diserahi kewenangan sepenuhnya dalam segala hal, mejadi kabupaten definitiv,maka saat itu pula kita sudah siap untuk melanjutkan pembangunan dengan segala konsekuwensi komitmen dan siap menerima apabila ada keterbatasan dalam penyediaan sumber daya untuk mengisi berbagai sektor.

Peran generasi muda, sebagai penerus bangsa yang berwawasan kebangsaan dengan integritas tinggi harus dilibatkan untuk membangun Kabupaten Muratara. Menjadikannya sebagai kabupaten yang ramah, amanah, waspada, aman dan sejahtera (Rawas). Menjadi Kabupaten yang Baldatun Toyyibatun Warofun Ghofuur. 

Oleh H. Haidir Kalingi, S.Sos.*

*Ketua Umum DPW Ika Muratara Sumatera Selatan

@sumeks

Rabu, 09 Oktober 2013 09:18
Iklan

Tentang channelglobalnews

Muratara Media: Didirikan oleh Barisan Pemuda Muratara (BAPEM) Musirawas Utara Sumatera -Selatan Indonesia, pada Agustus 2013.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s